Wow! Manchester United Bangun Stadion Berkapasitas 100 Ribu Penonton

Senin 29-07-2024,16:28 WIB
Editor : Eko Yudiono

MEMORANDUM-Manchester United berharap bisa membangun stadion berkapasitas 100.000 penonton dalam enam tahun ke depan, kata sebuah sumber seperti dilansir ESPN. Klub mengharapkan untuk membuat keputusan akhir apakah akan membangun stadion baru atau membangun kembali Old Trafford sebelum akhir tahun.

Proyek ini diperkirakan menelan biaya lebih dari £2 miliar ($2,6 miliar) atau sekitar Rp 42,3 triliun dan United berharap dapat membangun stadion dengan kapasitas antara 90.000 dan 100.000 penonton pada tahun 2030.

Salah satu pemiliknya, Sir Jim Ratcliffe, sebelumnya mengatakan dia lebih memilih membangun stadion baru di lokasi stadion yang sudah ada, kemungkinan menggunakan lahan di belakang Stretford End.

BACA JUGA:Manchester United Menangi Persaingan dengan Madrid, Bek Lille Ditebus Mahar Rp 1 Triliun

Rencananya belum diselesaikan tetapi pejabat klub telah mengambil inspirasi dari sejumlah proyek serupa di seluruh dunia, khususnya dari Stadion SoFi dan proyek regenerasi di sekitarnya di dekat Los Angeles.

United bermain melawan Arsenal di SoFi Stadium di Inglewood pada hari Sabtu sebagai bagian dari tur pramusim mereka di Amerika Serikat dan sumber mengatakan kepada ESPN bahwa bos klub telah mengunjungi L.A. beberapa kali selama beberapa tahun terakhir.

Mantan striker United Andy Cole, yang merupakan bagian dari kontingen di L.A. untuk pertandingan melawan Arsenal, mengatakan: "Penggemar Manchester United dan semua orang di utara Inggris berhak mendapatkan stadion kelas dunia, dan SoFi menetapkan standar yang ingin dicapai.

"Saya tidak menganggap enteng perbandingan ini, tapi Anda bisa melihat persamaannya dengan peluang di kampung halaman di Manchester. Stadion baru atau yang dibangun kembali di Old Trafford bisa menjadi titik fokus untuk revitalisasi area sekitarnya,” katanya.

BACA JUGA:Jadon Sancho Kembali Berlatih Bersama Manchester United, Sinyal Rekonsiliasi dengan Erik ten Hag?

Sumber mengatakan kepada ESPN bahwa para pemimpin United juga telah mengunjungi Bernabeu yang telah direnovasi di Madrid dan menghabiskan waktu di Wembley dan Stadion Tottenham Hotspur, serta mengikuti proyek Chicago Bears Burnham Park.

Ratcliffe telah menjadikan proyek stadion sebagai prioritas sejak menjadi salah satu pemiliknya pada bulan Februari.

Pada bulan Maret, diumumkan bahwa gugus tugas gabungan, termasuk Walikota Manchester Andy Burnham dan mantan kapten United Gary Neville, telah dibentuk untuk menjajaki opsi.

Berbicara di forum penggemar awal bulan ini, COO Collette Roche mengatakan: "Gugus tugas ini membuat kemajuan yang baik dalam menjajaki kemungkinan stadion baru atau yang dibangun kembali sebagai pusat regenerasi yang lebih luas,” katanya.

BACA JUGA:Semarakkan Hari Jadi Pengayoman, Kemenkum Maluku Gelar Pekan Olahraga

Roche juga berjanji bahwa para penggemar akan diajak berkonsultasi sebelum mengambil keputusan mengenai kemungkinan penjualan hak penamaan tempat baru tersebut, namun ia mengakui bahwa "semua opsi" untuk pendanaan proyek tersebut harus dipertimbangkan. Gugus tugas ini akan mempertimbangkan semua opsi pendanaan, termasuk kemitraan swasta-publik. (*)

Kategori :