Final Piala AFF U-19 Indonesia vs Thailand, Berharap Tuah Baik Jatim

Minggu 28-07-2024,18:12 WIB
Reporter : Farid Al Jufri
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM - Indonesia berhasil melangkah ke final Asean U-19 Boys Championship 2024 usai menumbangkan Malaysia 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu 27 Juli 2024 malam. Berjumpa Thailand di partai puncak, Indra Sjafri berharap tuah baik Jatim bisa membuat Garuda Muda meraih juara. 

BACA JUGA:Gol Tunggal Buffon Bawa Indonesia Melaju ke Final AFF U-19

"Alhamdulillah saya bersyukur kita bisa ke final. Seperti yang saya sampaikan di konferensi pers kemarin (Jumat 26 Juli 2024), bahwa ini menjadi final kedua saya di Jatim. Dan mudah-mudahan Jatim menjadi kota yang baik buat saya," kata Coach Indra Sjafri. 

Saat menghadapi Malaysia semalam, Indra Sjafri menurunkan formasi yang menarik yakni 3-5-2. Yang mana memasang dua striker Jens Raven dan Arkhan Kaka. Meskipun kalah di lini tengah, itu bagian dari strategi untuk melihat situasi. 

BACA JUGA:Duel Gengsi Antar-Negara Indonesia U-19 vs Malaysia U-19 Masih Imbang 0-0

"Kita lihat situasi dan kami berubah dan perubahan itu yang membuat malaysia ketinggalan satu nol. Dan saya pikir respons kami terhadap apa yang dilakukan oleh malaysia alhamdulillah berjalan dengan baik," ujarnya. 

Selama babak pertama, Coach Indra dan asisten pelatih terus melakukan pengamatan terkait permainan Malaysia. Dilihat ada celah yang bisa dimanfaatkan di mana babak pertama secara permainan timnas kalah. 

BACA JUGA:Semifinal AFF U-19, Indonesia Diuntungkan Recovery

"Setelah itu saya sampaikan ke asisten pelatih untuk menyiapkan dua winger masuk dan kita ganti dari 3-5-2 jadi 4-3-3 dengan menarik 1 gelandang dan 1 striker. Alhamdulillah respons kami terhadap situasi tersebut berjalan sesuai rencana," jelasnya. 

Kemenangan 1-0 atas Malaysia akhirnya memutus rekor tak pernah menang atas tim Negeri Jiran tersebut. Yang jelas Indra Sjafri bersyukur atas kemenangan ini. 

BACA JUGA:Indonesia vs Malaysia di Asean U-19 Boys Championship 2024, Pertandingan Syarat Gengsi

Pelatih yang membawa Indonesia meraih emas Sea Games itu mengaku, di antara ketiga tim di semifinal Australia, Thailand atau Malaysia, ia ingin memilih melawan Thailand. Akhirnya Thailand berhasil menang 1-0 atas Australia dan bertemu mereka. 

"Mudah-mudahan besok berjalan dengan baik. Dan Saya minta tim dokter segera bekerja malam ini. Mencari siapa saja pemain yang cedera dan melakukan pemulihan setiap pemain," tuturnya. 

BACA JUGA:Menang 6-2 atas Timor-Leste, Indonesia Juara Grup A

Jeda istirahat selama sehari ini, akan Coach Indra manfaat untuk beristirahat dan menganalisis permainan Thailand. Yang pasti kedua tim mengalami kelelahan, oleh karena itu ia ingin tim dokter bekerja maksimal untuk memulihkan kondisi pemain. 

Kategori :