Kantah ATR/BPN Tulungagung Apreasiasi Manfaat Rencana Detail Tata Ruang

Jumat 26-07-2024,16:45 WIB
Reporter : Biro Tulungagung
Editor : Ferry Ardi Setiawan

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Dalam rangka mempercepat penyusunan rencana detail tata ruang (RDTR) di seluruh wilayah Indonesia, dibutuhkan skema inovatif dan kolaboratif dari berbagai pihak. 

BACA JUGA:Terkendala Audit, Sengketa Kampoeng Roti Belum Tuntas

Dalam proses percepatan penyusunan RDTR, Kementerian ATR/BPN telah menggandeng mahasiswa melalui program Internship in Spatial Planning for Regional and National Growth (INSPIRING). 

BACA JUGA:Kapolres Tulungagung Ajak Korban Tindak Asusila Melapor ke Polisi

Program ini merupakan terobosan bagi pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui implementasi Merdeka Belajar dari Kemendikbud.

BACA JUGA:Bikin Geram, Begal Payudara di Tulungagung Ngaku 25 Kali Beraksi

Kepala Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Tulungagung Ferri Saragih mendukung serta mengapresiasi terlaksananya penyusunan RDTR.

BACA JUGA:3 Hakim Pemutus Bebas Gregorius Ronald Tannur Dipanggil PT Surabaya, Damanik: Cuman Silaturahmi

Ferri menyebut upaya serupa juga dilakukan oleh Pemkab Tulungagung, di mana beberapa waktu lalu menggandeng Kantah ATR/BPN Tulungagung dalam peluncuran aplikasi Si-Trust, yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melihat langsung status bidang tanah di Kabupaten Tulungagung.

BACA JUGA:Bebaskan Gregorius Ronald Tannur, PN Surabaya Dapat Kiriman Karangan Bunga

"Tentu kondisi seperti ini sejalan dengan program Kementerian ART/BPN yang menginginkan kemudahan dilaksanakannya investasi maupun hal lain, baik bagi masyarakat maupun investor," ungkapnya, Jumat 26 Juli 2024.

BACA JUGA:Hadir Jadi Pembicara Lemhannas, Menteri AHY: Butuh Kepemimpinan Transformasional untuk Wujudkan Indonesia Emas

Sebelumnya, terang Ferri Saragih, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Suyus Windayana juga mengajak para akademisi untuk berperan aktif dalam pemenuhan target 2.000 RDTR.

BACA JUGA:BPN Pamekasan Sosialisasikan Pengumuman Implementasi Dokumen Elektronik

Hal itu disampaikan dalam Focus Group Discussion (FGD) Pelibatan Perguruan Tinggi dalam Pencegahan Korupsi bertema Dukungan Implementasi Kebijakan Satu Peta, yang diselenggarakan KPK di Gedung Merah Putih, Jakarta.

Kategori :