TMMD ke-121 Dibuka, Ini yang Disampaikan Bupati Ikfina

Rabu 24-07-2024,23:01 WIB
Reporter : Biro Mojo
Editor : Ferry Ardi Setiawan

MOJOKERTO, MEMORANDUM - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 tahun 2024, dilaksanakan di Desa Bandung, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto. 

BACA JUGA:Jual Motor di Facebook, Maling dan Penadah Diciduk

Pembukaan TMMD tersebut digelar dalam upacara yang dipimpin Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Lapangan Desa Bandung, Kecamatan Gedeg. Program TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, pemerintah daerah, segenap lapisan masyarakat serta stakeholder terkait. 

BACA JUGA:Home Industry Setir Mobil di Pasuruan Dilalap Api

Untuk proses perencanaannya sendiri, TMMD tahun 2024 direncanakan dengan sistem perencanaan bottom up. Dimana perencanaan pembangunan tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat. 

BACA JUGA:Satreskoba Polres Pasuruan Bekuk Karyawan Swasta

Pada amanatnya, Bupati Ikfina mengatakan, bahwa TMMD yang dilaksanakan di Desa Bandung bertujuan sebagai salah satu upaya pemerataan dan percepatan pembangunan nasional, serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan masyarakat. 

BACA JUGA:Tim Saber Pungli Gresik Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Duduksampeyan

"Tujuan utama program TMMD adalah pemerataan pembangunan nasional untuk lebih sejahtera, adil, gotong royong (partisipatif) serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan masyarakat," katanya, Rabu 24 Juli 2024. 

BACA JUGA: Ini Pertimbangan Anak Anggota DPR RI Nonaktif Bebas dari Tuntutan 12 Tahun Penjara

Ikfina menjelaskan, bahwa sasaran kegiatan ditetapkan dan diakomodir ke dalam rencana kerja Pemerintah Kabupaten Mojokerto tahun 2024 dengan total anggaran sebesar Rp 1.795.400.000. Anggaran tersebut dibagi menjadi dua sasaran, yaitu kegiatan pembangunan fisik dan kegiatan non fisik. 

"Pembangunan fisik meliputi pembangunan atau peningkatan sarana prasarana wilayah dan infrastruktur dasar. Dan kegiatan yang non fisik diarahkan untuk mendorong kesadaran masyarakat akan isu-isu aktual dan tantangan yang berkembang," jelasnya. 

BACA JUGA:Divonis Bebas, Anak Anggota DPR RI Nonaktif Menangis

Ikfina memaparkan, adapun pembangunan fisik yang akan dilaksanakan dalam TMMD ini, yang pertama yaitu pembangunan rabat beton jalan lingkungan Dusun Bandung Wetan RT 04 dan Dusun Ngudilor, RT 01/RW 07 sampai dengan RT 02/RW 07. 

"Sepanjang 1.300 kilometer, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 1.100.000.000," paparnya. 

Kategori :