Menang 6-2 atas Timor-Leste, Indonesia Juara Grup A

Selasa 23-07-2024,21:30 WIB
Reporter : Farid Al Jufri
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM - Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal usai menjadi juara grup A di ajang Asean U-19 Boys Championship 2024. Kepastian ini usai berhasil menang telak atas Timor-Leste dengan skor 6-2.

BACA JUGA:Unggul 3-1 Atas Timor-Leste, Satu Kaki Indonesia Berada di Semifinal

Di babak pertama pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Garuda Muda berhasil unggul 3-1 lewat dua gol Jens Raven dan Figo Dennis. Gol balasan Timor-Leste dicetak oleh Ricardo Dos Santos melalui titik putih. 

Di babak kedua Coach Indra Sjafri melakukan rotasi dengan menggantikan 3 pemain sekaligus. Figo Denni, M Iqbal Gwijangge, dan M Ragil keluar digantikan Toni Firmansyah, Meshaal Hamzah, dan Arkhan Kaka. 

BACA JUGA:Disindir Media Vietnam Kesulitan Menang Atas Kamboja, Ini Jawaban Menohok Indra Sjafri

Pergantian tersebut cukup sukses karena Indonesia berhasil mencetak 3 gol dan kebobolan 1 gol. 

Pada menit ke-51, Kadek Arel berhasil mencetal gol keempat timnas melalui tandukan. M Kafiatur kembali memberikan assist cantik melalui sepak pojok dan membuat Indonesia unggul 4-1.

Dua menit berselang, giliran Arkhan Kaka tidak mau kalah, pemain Persis Solo ini berhasil mencetak gol usai mendapatkan umpan pendek manis dari Raven dan membuat Garuda Muda menjauh 5-1.

BACA JUGA:Hadapi Timor-Leste, Indonesia Tetap Turunkan Pemain Terbaik

M Kafiatur bermain sangat luar biasa pada pertandingan kali ini. Kali ini ia berhasil mencetak gol melalui tendangan keras jarak jauh pada menit ke-57 dan merubah skor menjadi 6-1.

Menit ke-75 Timor-Leste mendapatkan peluang melalui Ario Melio. Berhasil mencuri bola dari kaki pemain timnas, Ario melalukan solo run dan melesahkan tendangan ke pojok kanan bawah. Namun berhasil digagalkan penjaga gawang I Wayan Arta Wiguna. 

BACA JUGA:Asean U-19 Boys Championship 2024, M Kafiatur Jadi Aktor Kemenangan Timnas 2-0 atas Kamboja

Kesalahan kembali dilakukan pertahanan timnas usai salah nelakukan operan. Vabio Canavaro yang berhasil lolos melesahkan tendangan keras yang masih sedikit di atas gawang. 

Timor-Leste sedikit demi sedikit berhasil lepas dari tekanan Indonesia. Pada menit ke-86 Bahkito berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 6-2. Mendapatkan umpan dari Uaitila Aprilio Ferreira, Bahkito yang mendapatkan pengawalan ketat tiga pemian berhasil melesahkan tembakan ke kanan gawang dan menghujam jala kiper Wiguna. 

Hingga tiga menit tambahan waktu yang diberikan wasit Choi Hyun Jai asal Korea Selatan, tim asuhan Indra Sjafri berhasil mempertahankan keunggulan dengan skor 6-2.

Kategori :