Penuhi Hak Anak, TPS Ajak Balita Berwisata Perahu

Selasa 23-07-2024,19:08 WIB
Reporter : Muchlis Darmawan
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM - Peringati Hari Anak Nasional, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) mengadakan acara wisata perahu susur Sungai Kalimas bersama para balita asuh dari Kecamatan Krembangan.

BACA JUGA:Dukung Kesetaraan Kesempatan Pendidikan, TPS Bantu Fasilitas Unit Pelayanan ABK

Pejabat yang hadir selaku perwakilan dari Pemerintah Kota Surabaya dalam acara tersebut adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Surabaya Ida Widayati; Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Hidayat Syah; serta Camat Krembangan Harun Ismail beserta para lurah di lingkup Kecamatan Krembangan.

BACA JUGA:Dukung Standarisasi Sistem Non-Operasional, TPS Terapkan Single ERP-SAP

Sekretaris Perusahaan TPS Erika A Palupi mengungkapkan, anak Indonesia merupakan penerus bangsa dan fondasi utama dalam kemajuan Indonesia, hingga penting untuk melindungi hak-hak anak dan membangun masa depan yang lebih baik bagi semua anak-anak Indonesia.

BACA JUGA:Jamin Keamanan Terminal, TPS Laksanakan ISPS Code Exercise

Hak anak yang perlu dilindungi adalah hak akses terhadap layanan kesehatan termasuk gizi yang tercukupi; Hak akses terhadap pendidikan; Hak mendapatkan lingkungan yang aman, bebas dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi. 

BACA JUGA:Tekan Biaya Logistik, TPS Luncurkan Pemeriksaan Fumigasi dan Kulit Mentah Garaman

"Kami berharap melalui kegiatan yang menyenangkan, TPS dapat berkontribusi untuk pemenuhan hak-hak anak, melalui edukasi tentang safety, keselamatan saat berperahu dan pentingnya menjaga kebersihan sungai, yang kemudian juga anak-anak di ajak berwisata perahu di Sungai Kalimas serta bermain di Taman Prestasi Kota Surabaya,” ujar Erika, Selasa 23 Juli 2024.

BACA JUGA:Dukung Pemilihan Dokter Cilik, TPS Edukasi P3K

Erika menambahkan, Taman Prestasi sebagai salah satu ruang terbuka hijau yang dalam konteks pemenuhan hak anak, hadir sebagai salah satu ruang yang ramah untuk anak anak. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, termasuk daya tarik wisata perahu Kalimas yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai

BACA JUGA:Akui Terlambat, Ketua DPRD Sidak Proyek Gedung Arsip Senilai Rp 3,193 Miliar

Sungai Kalimas adalah sungai yang berada di jantung kota sekaligus membelah Kota Pahlawan. Dengan rute wisata perahu meliputi, Taman Prestasi, Museum Pendidikan, Taman Ekspresi, dan Pancuran Patung Suro dan Boyo.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Bersama Bea Cukai TMP C Blitar Musnahkan Rokok dan Miras Ilegal

“Keberadaan TPS tidak lepas dari dukungan masyarakat, hingga keberhasilan TPS tentunya juga harus diimbangi dengan peningkatan kondisi masyarakat sekitar. Dalam hal ini adalah bagaimana TPS, masyarakat, serta unsur Pemerintah Kota Surabaya dapat saling bersinergi demi generasi penurus bangsa anak-anak Indonesia yang hebat,” pungkas Erika

Kategori :