Pemkab Jember Gelar Penghijauan dan Bersih-bersih Sungai

Minggu 21-07-2024,10:23 WIB
Reporter : Biro Jember
Editor : Fatkhul Aziz

JEMBER, MEMORANDUM - Dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional (HSN) dan mewujudkan kebersihan lingkungan, Bupati Jember Hendy Siswanto bersama TNI, relawan, dan masyarakat melakukan kegiatan penghijauan dan bersih-bersih Sungai Bedadung pada hari Sabtu 20 Juli 2024.

Kegiatan ini diawali dengan apel yang dipimpin oleh Bupati Jember Hendy Siswanto dan Komandan Apel Danramil 0824/12 Kaliwates, diikuti oleh personel TNI, Polri, Satpol PP, relawan, dan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Bupati Jember MB Firjaun Barlaman, Danramil Kaliwates Kapten Inf Suwarno, Kapolsek Kalwates Kompol Nurhadi Suseno, Camat M Suryadi, Pasiter Brigif Raider 9/K Kapten Inf Endry, Kepala BPBD Widodo, dan pejabat undangan lainnya.

Sasaran kegiatan ini adalah pembersihan kawasan Sungai Bedadung tepatnya di bawah Jembatan Jl Imam Bonjol, dilanjutkan dengan penghijauan.

BACA JUGA:Pemkab Jember Apresiasi Polres Gelaran Pelatihan Sispamkota

Bupati Jember Hendy Siswanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan perubahan perilaku masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan sungai, terutama kualitas air sungai agar menjadi lebih baik.

"Air merupakan sumber kehidupan. Saya berharap kita bisa menggerakkan masyarakat melalui komunitas, dengan harapan komunitas sebagai fasilitator masyarakat sehingga masyarakat berubah mindsetnya menjadi lebih peduli kepada lingkungan dan hasilnya terlihat jika kualitas air sungai Bedadung bersih," kata Bupati Jember.

Pesan Dandim 0824/Jember Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso, melalui Danramil 0824/12 Kaliwates Kapten Inf Suwarno menyatakan bahwa TNI sangat mendukung kegiatan ini dan telah melakukan pembersihan sungai sebelumnya.

"Kita juga mengedukasi masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang di sungai. Dari semua sampah yang kita bersihkan, rata-rata didominasi sampah limbah rumah tangga. Dengan kegiatan ini, kita berharap terjadi pola hidup masyarakat dalam membuang sampah, sehingga aliran sungai tetap bersih dan sehat," ujar Danramil 0824/12 Kaliwates.

BACA JUGA:Pemkab Jember Gandeng Perdami dan PT Erela Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi 60 Pasien

Pasalnya kegiatan ini selaras dengan atensi pimpinan, dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Kita wajib menjaga kebersihan aliran sungai sekaligus melakukan penghijauan dalam mengurangi dampak pemanasan global. 

"Sekaligus merupakan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan sungai dalam meningkatkan kesehatan lingkungan, mencegah banjir, serta mengoptimalkan air irigasi pertanian, yang secara keseluruhan memiliki dampak pada kehidupan kita semua," tegas Kapten Inf Suwarno.

Dengan harapan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai dan kelestarian lingkungan. Sungai yang bersih dan lestari akan memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat, seperti air yang berkualitas untuk kebutuhan sehari-hari, terhindar dari banjir, dan terciptanya lingkungan yang asri. (*)

Kategori :