Pemkot Akan Laporkan Aksi Vandalisme di Stadion GBT

Jumat 19-07-2024,17:33 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Eko Yudiono

SURABAYA, MEMORANDUM-Beredar foto dan video di media sosial yang memperlihatkan adanya aksi vandalisme pada salah satu dinding di tribun stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Dinding tersebut dicoret dengan tulisan-tulisan.

Mengetahui foto dan video tersebut, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi angkat bicara. Ia mengimbau kepada seluruh suporter bola untuk saling menjaga fasilitas yang ada di area stadion GBT Surabaya.

“Gelora Bung Tomo adalah stadion kebanggaan. Bukan hanya bagi publik sepak bola Surabaya, tapi juga Indonesia. Jadi saya minta tolong, jangan lagi suporter-suporter melakukan itu. Kita jaga bersama, GBT tetap terawat dengan baik, semua merasa aman dan nyaman ketika melihat pertandingan sepak bola,” kata Wali Kota Eri.

BACA JUGA:Komplotan Pencuri Satroni Minimarket di Kedamean, Jebol Tembok Gudang

“GBT juga menjadi tuan rumah bagi banyak laga tim nasional untuk ajang dunia. Ayo kita jaga bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Surabaya, M. Fikser menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyayangkan aksi vandalisme itu.

“GBT merupakan aset milik warga Kota Surabaya, yang kemudian di era Wali Kota Eri Cahyadi ini GBT menjadi tempat perhelatan atau pertandingan internasional. Jadi kalau memang ada yang melakukan aksi vandalisme itu keterlaluan,” kata Fikser.

Fikser melanjutkan, jika warga ingin mengekspresikan bakat seninya, bisa langsung mengunjungi kantor Satpol PP Surabaya dan akan disiapkan tempat atau wadah untuk berekspresi. 

BACA JUGA:Samsung Luncurkan Galaxy Z Flip6 Eksklusif Edisi Olimpiade Paris 2024

Selain itu, Satpol PP Surabaya akan berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Surabaya untuk melakukan pengecekan terhadap CCTV yang terpasang di area stadion GBT.

“Terkait pengamanan, akan kita cek CCTV yang terpasang di seputaran GBT, mudah-mudahan bisa tertangkap di CCTV untuk kami proses lebih lanjut,” jelasnya.

Nantinya, jika CCTV menangkap bukti atas aksi vandalisme tersebut, maka Satpol PP Surabaya akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum. “Kami akan laporkan juga kepada pihak kepolisian karena ada bukti CCTV yang ada di situ juga,” tegasnya.

BACA JUGA:LLDIKTI VII Jatim Bantah Bermain Jual-Beli Gelar Gubes

Tak hanya itu saja, Satpol PP Surabaya juga akan meningkatkan kewaspadaan dan pengawasannya di sekitar area stadion GBT Surabaya. Para personel Satpol PP Surabaya akan disiagakan untuk melakukan pengecekan di area stadion, baik sebelum maupun sesudah pertandingan.

“Kami akan tingkatkan pengawasan karena warga Surabaya sangat mencintai stadion GBT,” pungkasnya. (*)

Kategori :