Kadin Jatim Bertemu Pemprov Sumatra Barat, Ajak Pengusaha Kerja Sama Sektor Pariwisata dan Investasi Hijau

Kamis 18-07-2024,20:48 WIB
Reporter : Rahmad Hidayat
Editor : Ferry Ardi Setiawan

"Sumatra Barat, dengan kekayaan alam dan budayanya, memiliki potensi besar untuk mengembangkan pariwisata berkualitas," ujarnya.

BACA JUGA:Dijanjikan Jadi Model Baju Butik, Malah Dipaksa Foto Bugil

Sejumlah destinasi wisata yang menakjubkan ada di Sumatra Barat, mulai dari pantai yang indah, pegunungan yang hijau, hingga desa-desa yang kaya akan budaya dan tradisi. Pengembangan destinasi wisata ini harus dilakukan dengan mempertimbangkan keberlanjutan dan dampaknya terhadap lingkungan serta masyarakat lokal.

"Budaya Minangkabau yang kaya dan unik adalah salah satu daya tarik utama bagi wisatawan. Dengan mempromosikan dan melestarikan budaya lokal, kita dapat menarik lebih banyak wisatawan yang tertarik pada pengalaman autentik dan mendalam. Investasi dalam acara budaya, museum, dan pusat seni dapat membantu mencapai tujuan ini," katanya.

BACA JUGA:Dugaan Pungli Oknum Kades Sidomukti Lamongan Naik Penyidikan

Meski demikian, perlu penataan dalam. Pembangunannya. Konsep pariwisata ramah lingkungan atau ekowisata adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa pariwisata berkembang tanpa merusak lingkungan. Investasi dalam pengembangan ekowisata, seperti penginapan ramah lingkungan, tur alam, dan program konservasi, sangat diperlukan untuk menjaga keindahan alam Sumatra Barat.

"Satu lagi yang tidak boleh dilupakan, yaitu meningkatkan infrastruktur pariwisata seperti akses transportasi, fasilitas akomodasi, dan layanan pendukung lainnya. Investasi dalam infrastruktur ini akan memastikan bahwa wisatawan dapat menikmati pengalaman yang nyaman dan menyenangkan selama berada di Sumatra Barat," tambah Adik.

BACA JUGA:Predator Anak Asal Bangil Ditangkap, Modus Kasih Uang Jajan

Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mendorong pertumbuhan berkelanjutan melalui investasi hijau dan pariwisata berkualitas, kolaborasi dan kemitraan antara berbagai pihak sangatlah penting. Pemerintah, sektor swasta, komunitas lokal, dan akademisi perlu bekerja sama untuk mengembangkan strategi dan program yang efektif. 

"Kemitraan pemerintah dan swasta menjadi keniscayaan. Pemerintah Sumatra Barat berkomitmen menciptakan iklim investasi yang kondusif melalui berbagai kebijakan dan insentif. Kami mengajak sektor swasta untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam mengembangkan proyek-proyek yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan," ajak Adik. 

BACA JUGA:Aniaya Pasien Parkinson Dihukum 1 Tahun Penjara

Tidak kalah penting adalah kerja sama dengan akademisi dan Lembaga Penelitian. Penelitian dan inovasi adalah kunci untuk menemukan solusi yang efektif dan efisien dalam menghadapi tantangan lingkungan dan ekonomi. 

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumatra Barat Audi Johaldi mengungkapkan rasa terimakasih atas sambutan dan upaya Jatim untuk ikut bersama-sama memajukan Provinsi Sumatra Barat. 

BACA JUGA:Pulang Melaut, Nelayan Ujungpangkah Tewas Tenggelam, 1 Kritis

"Kami memiliki beragam potensi, tetapi kalau kolaborasi tidak terjalin, maka potensi itu tidak akan bisa digali secara maksimal untuk meningkatkan ekonomi Sumatra Barat," ujarnya. (*)

Kategori :