Pemkot Batu Launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Kamis 18-07-2024,07:45 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Muhammad Ridho

BATU, MEMORANDUM – Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Batu secara resmi di-launching pada Rabu (17/07) di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Launching KKPD ini merupakan inovasi hasil kerja sama antara Pemerintah Kota Batu melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Bank Jatim dan Bank Mandiri, sebagai bentuk komitmen atas peningkatan efisiensi, transparansi dan akuntabilitas keuangan Pemerintah Kota Batu. KKPD sendiri akan difungsikan sebagai salah satu alat pembayaran atas belanja yang dibebankan pada APBD.

BACA JUGA:Bangun Karakter Pegawai, Bank Jatim Kota Batu Gelar Jatim Improvement Meeting

BACA JUGA:Diresmikan Presiden Joko Widodo, Bank Jatim Berikan Dukungan Pasar Induk Among Tani

Eny Rachyuningsih, Kepala BKAD Kota Batu, Eny Rachyuningsih, Mengatakan bahwa launching KKPD ini merupakan penanda kesiapan Pemerintah Kota Batu dalam bertransaksi dan melakukan pembayaran untuk belanja daerah menggunakan KKPD. 

“Tujuan dari penggunaan KKPD adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas belanja daerah, meningkatkan akuntabilitas dan transparansi serta mendorong inovasi keuangan daerah. Sebagai langkah awal, ada 10 SKPD sebagai piloting implementasi penggunaan KKPD,” Kata Eny.

Direktur IT dan Digital Bank Jatim, Zulhelfi Abidin, mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Batu terkait kesiapan dalam menggunakan KKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Batu.

” Dalam hal ini, KKPD adalah bentuk sinergi antara Pemerintah Daerah dan Bank Jatim sebagai Bank Pembangunan Daerah yang bekerja sama dengan Bank Mandiri. KKPD yang merupakan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah ini bertujuan untuk memudahkan belanja APBD,” Terang Zulhelfi.

BACA JUGA:Bussiness Matching Bangga Produk Lokal 2023 Bangun Kemandirian Ekonomi

BACA JUGA:Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pj Wali Kota Batu Apresiasi Lomba Mandiri Sampah

Sementara Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, Menambahkan bahwa launching KKPD ini merupakan komitmen bersama.

”Momen ini Sanjay tepat dan baik sebagai bentuk komitmen untuk bersinergi dengan berbagai pihak terkait, dalam peningkatan layanan kepada masyarakat khususnya di bidang keuangan dengan menggunakan KKPD untuk bertransaksi. Ditambah lagi, Pemerintah Kota Batu adalah yang pertama kali siap untuk me-launching KKPD di wilayah Malang Raya.” Papar Aries melalui sambutanya.

Ia berharap dengan adanya KKPD, segala proses pelayanan yang berkaitan dengan keuangan bisa semakin cepat, mudah dan meningkatkan transparansi serta akuntabilitas ke arah yang lebih baik.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai  juga secara resmi me-launching KKPD yang akan digunakan oleh 10 SKPD di Pemkot Batu yang menjadi pilot project dalam program implementasi KKPD. 

", Yaitu Inspektorat, Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Sekretariat DPRD, Dinas Pendidikan, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim), serta Bagian Umum."Terangnya. 

Kategori :