4.000 Mahasiswa UMM Dilepas Turun ke 17 Provinsi

Rabu 17-07-2024,14:54 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Fatkhul Aziz

MALANG, MEMORANDUM - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melepas 4.000 mahsiswanya untuk masyarakat. Mahasiswa dari berbagai fakultas itu, mengikuti program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). Prosesi pelepasan dilakukan Rektor UMM Prof. Dr. Nazaruddin Malik di Kampus, Rabu 17 Juli 2024.

Program PMM tahun 2024 ini, mengirim 4.747 mahasiswa. Terbagi menjadi 900-an kelompok. Tersebar di 17 provinsi dan 74 kabupaten / kota. Memiliki tema, desa sejahtera dan mandiri.

“Kerangka besar dari PMM adalah, pengabdian kepada masyarakat. Mengondisikan calon bangsa, pada situasi tertentu di masyarakat. Seberapa tinggi tingkat keterlibatan kita, emosi, maupun perasaan pada kondisi masyarakat saat itu,” terang Rektor UMM.

BACA JUGA:Raih Emas di AUG, Mahasiswa UMM Wakili Indonesia

Menurutnya, memahami permasalahan di masyarakat lebih kuat. Dibanding pemahaman mengenai kompetensi teknis di perkuliahan. Mahasiswa harus dapat melihat masalah dan bergerak memberikan solusi.

PMM merupakan program wajib,  yang dulunya dikenal sebagai Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sempat diberhentikan sementara, akibat wabah Covid-19. (edr)

Kategori :