Kandang Ayam Terbakar, Pemilik Alami Kerugian Rp 300 Juta

Jumat 12-07-2024,16:01 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Fatkhul Aziz

MALANG, MEMORANDUM - Sebuah kandang ayam seluas 300 m2 milik Bagus (29), warga Kademangan, Kecamatan Gondanglegi pada Jumat 12 Juli 2024 dini hari alami kebakaran akibat oven kandang. Kandang ayam itu sendiri berada di Dukuh Krajan Desa Sumberejo kecamatan Gedangan kabupaten Malang.

"Laporan terjadinya kebakaran pada kandang ayam tersebut dilakukan oleh Riska warga Desa Sumberejo," ungkap, Sigit Yuniarto ST. M. Kabid Pencegahan dan Penindakan Kebakaran Satpol PP kabupaten Malang.

Sigit menjelaskan, kebakaran itu sendiri terjadi pada Jumat sekitar pukul 0.05 wib dini hari dan dilaporkan pada pukul 0.30 wib. Petugas langsung respon time hingga tiba dilokasi pukul 01.05 wib, langsung lakukan pemadaman dan petugas dapat kuasai api pukul 03.50 wib sekaligus lakukan pembasahan dengan untuk pastikan api benar benar padam.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak sampai ada korban, hanya pemilik alami kerugian materi sebesar Rp 300 juta. Karena sebagian kandang terbakar, masih berisi ayam yang siap dipanen meskipun jumlahnya tidak banyak.

BACA JUGA:Ini Penyebab Kebakaran Hebat Pabrik Spons di Driyorejo, Gresik

"Kandang yang terbakar tidak semuanya berisi ayam, hanya ada beberapa saja dan itupun tidak banyak," kata, Sigit.

Kebakaran itu sendiri dipicu, lanjut Sigit, oleh oven kandang yang berfungsi untuk menjaga suhu yang ada dikandang. Namun secara pasti tidak ada yang mengetahui, apakah oven alami jatuh atau terlalu besar apinya.

"Karena berdasarkan keterangan api sudah besar dan membakar sebagian kandang," tegas, sigit.

Guna menanggulangi kebakaran tersebut PMK, mengerahkan 4 unit mobil PMK yang dipimpin langsung oleh Angga K selaku ketua regu 2. 

BACA JUGA:Jelang Kemarau, 948 Relawan Siap Antisipasi Kebakaran di Lamongan

Terpisah AKP. Indra Subekti Kapolsek Gedangan ketika dihubungi Memorandum.co.id melalui telepon selulernya, mengungkapkan bahwa pihak Polsek baru terima laporan terjadinya kebakaran pada Jumat siang sekitar pukul 01.00 wib langsung dari pemiliknya yang datang ke Mapolsek Gedangan.

Begitu menerima laporan akan terjadinya kebakaran pihaknya, langsung perintahkan Kanit Reskrim untuk melakukan olah TKP. " maaf mas kami baru terima laporan dan saat ini petugas lagi berada dilokasi untuk lakukan pendataan," ujar, AKP. Indra.

Kapolsek mengatakan, jika nanti sudah mendapatkan hasil pendataan dari petugas yang ada dilapangan, dirinya siap untuk memberikan informasi.

"Kami masih belum berani berkata apa apa, terkait terjadinya kebakaran tersebut karena masih belum mendapatkan kabar dari petugas Polsek yang ada di lokasi kejadian," tutupnya.(kid)

Kategori :