Gus Ipul Minta Masyarakat Pro Aktif Daftar BPJS Kesehatan

Jumat 12-07-2024,14:18 WIB
Reporter : Biro Pasuruan
Editor : Fatkhul Aziz

PASURUAN, MEMORANDUM - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf meminta kepada masyarakat Kota Pasuruan untuk Pro Aktif dalam mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan di Mall Pelayanan Publik. Mengingat, masih ada masyarakat Kota Pasuruan yang belum mendaftarkan dirinya ke BPJS Kesehatan. Sehingga, Pemerintah Kota Pasuruan dapat optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan. 

Hal ini disampaikan Walikota Gus Ipul saat membuka acara Senam Bersama dalam rangka HUT BPJS Kesehatan ke-56, Jumat 12 Juli 2024.

"Kota Pasuruan sudah UHC 100%. Namun tetap misal ada yang baru pindah. Jika mereka tidak proaktif untuk mendaftarkan dirinya ke BPJS kesehatan. Atau melaporkan juga susah,"  ujarnya. 

Gus Ipul juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota Pasuruan berkomitmen dalam memberikan pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat Kota Pasuruan. Hal ini ditunjukkan dengan sebagian besar warga Kota Pasuruan menjadi peserta BPJS yang dibayarkan oleh APBD pemerintah Kota Pasuruan.

BACA JUGA:Kota Pasuruan Raih Prestasi Gemilang ODF 2024, Gus Ipul Ajak Masyarakat Jaga Sanitasi Lingkungan

"Lebih dari Rp 40 milyar uang APBD digunakan untuk membayar BPJS warga Kota Pasuruan. Selain itu, kita sudah 100% ODF, stunting kita juga sudah menurun tajam, 100% UHC, layanan faskes kesehatan juga sudah terakreditasi paripurna, layanan kesehatan di Rumah Sakit juga selalu ditingkatkan, dan PR kita saat ini terkait TBC yang sedang diupayakan agar Kota Pasuruan zero TBC," tambahnya.

Ia juga mengatakan, Pemerintah Kota Pasuruan akan terus berupaya agar masyarakat Kota Pasuruan tidak ada lagi yang takut berobat.

"Sekarang saya sedang berpikir, bagaimana yang jaga orang sakit ketika rawat inap juga mendapatkan bantuan. Sehingga tidak ada lagi orang sakit yang takut rawat inap, karena berpikir takut tidak ada yang jaga, dan yang jaga sedang bekerja," ucap Gus Ipul.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kota Pasuruan, dr. Dina Diana Permata berharap, kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Kota Pasuruan dapat terus terjalin dengan baik.

BACA JUGA:Perdana Gelar Car Free Night, Gus Ipul: Hiburan Masyarakat, Menggerakkan UMKM dan Dorong Seniman Berkarya

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pasuruan yang terus bekerjasama dengan kami. Dan terima kasih atas dukungannya," ujarnya.

Dina juga mengatakan bahwa dalam rangka HUT BPJS Kesehatan ke-56 tahun ini, selain dilaksanakan senam bersama, juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis dan cek kepersertaan aktif di mobil BPJS Kesehatan. 

Kegiatan senam bersama ini juga dihadiri oleh perangkat daerah terkait.(kd/mh)

Kategori :