Momen Libur Sekolah, Perekaman e-KTP Pemula Meningkat

Senin 08-07-2024,21:13 WIB
Reporter : Biro Madiun
Editor : Ferry Ardi Setiawan

MADIUN, MEMORANDUM - Momen libur sekolah dimanfaatkan para pelajar atau pemula usia 17 tahun melakukan perekaman e-KTP di pelayanan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) yang berada di Mall Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Madiun.

BACA JUGA:Telan Rp 150 Juta, Kolam Renang BKI Desa Kerek Ngawi Mangkrak

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Madiun, Sigit Budiharto mengatakan,   ada peningkatan permohonan perekaman e-KTP saat libur sekolah. Rata-rata pemohon ialah pelajar yang masuk pemilih pemula.

BACA JUGA:Pengangguran di Ngawi Capai 11 Ribu, DPPTK Gelar Job Fair 2024

Mereka rela datang jauh-jauh ke MPP untuk melakukan perekaman, kedati pihaknya sudah menyurati masing-masing pemilih pemula untuk mengurus adminduk di Desa mapun Kecamatan sesuai domisili.

"Mungkin mereka memanfaatkan libur sekolah untuk datang ke MPP sambil jalan-jalan, sehingga volume perekaman pemula meningkat saat liburan," ucapnya.

BACA JUGA:Minibus dan Trailer Adu Moncong di Jalan Raya Madiun, 2 Orang Terjepit

Lebih lanjut Sigit memaparkan, terdapat peningkatan hingga 50 persen saat libur sekolah. Di hari biasa pihaknya hanya melayani 30-40 pemohon adminduk yang datang ke MPP, yang didominasi ganti KTP atau perubahan biodata. Kini petugas bisa melayani 60-70 orang.

BACA JUGA:BISTF Paragliding Accuracy League 2024, Pj Wali Kota Batu Targetkan Tahun Depan Go Internasional

"Pada liburan ini meningkat signifikan sampai 50 persen kadang kita ada tambahan waktu atau overtime sampai pukul 16.00 WIB," bebernya.

BACA JUGA:Satpol PP Surabaya Tertibkan PKL Pasar Loak Dupak Rukun

Selain itu, ketika ada lonjakan pemohon adminduk di MPP, Dispendukcapil juga membuka loket darurat. Hingga menyediakan dua unit mobil adminduk di depan MPP, untuk memberikan pelayanan masyarakat Bumi Kampung Pesilat. (*)

Kategori :