Jaga Kondusifitas Pemilu, Polsek Karangpilang Intens Patroli ke Kantor PPK dan Panwascam

Jaga Kondusifitas Pemilu, Polsek Karangpilang Intens Patroli ke Kantor PPK dan Panwascam

Polsek Karangpilang meningkatkan intensitas patroli ke kantor-kantor penyelenggara Pemilu. --

SURABAYA, MEMORANDUM - Aktifitas perpolitikan menjelang pemungutan suara kini menjadi atensi jajaran aparat kepolisian untuk memastikan kondusifitas tetap terjaga. Polsek Karangpilang pun meningkatkan intensitas patroli ke kantor-kantor penyelenggara Pemilu, Senin 29 Januari 2024.

Seperti kali ini, Polsek Karangpilang melaksanakan patroli dialogis di kantor PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan kantor Panwascam (Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan). Patroli tersebut dipimpin langsung oleh Pawas Iptu Tampung Siharjono yang turut didampingi oleh jajaran petugas kepolisian dari Polsek Karangpilang.

Petugas kepolisian menyambangi kantor PPK dan Panwascam dengan tujuan untuk berkomunikasi langsung dengan petugas di dua lembaga tersebut serta memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan.

Selama patroli dialogis, petugas Kepolisian dari Polsek Karangpilang juga memberikan edukasi kepada petugas PPK dan Panwascam mengenai tanda-tanda potensi gangguan keamanan dan memberikan panduan terkait penanganan situasi darurat. Langkah-langkah preventif ini diharapkan dapat mencegah terjadinya konflik yang dapat mengganggu proses demokrasi.

BACA JUGA:Polsek Karangpilang Intens Sambangi Kantor PPK dan Panwascam

Di kesempatan terpisah, Kapolsek Karangpilang Kompol A.Risky Fardian C., S.I.K., M.Si. menekankan pentingnya kerjasama antara Kepolisian, PPK, dan Panwascam dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses pemilihan. Beliau juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif dan bekerja sama dalam mengatasi potensi masalah yang mungkin timbul.

“Kita berharap melalui patroli dialogis ini, kita dapat membangun sinergi yang baik antara kepolisian, PPK, dan Panwascam. Kerjasama yang solid adalah kunci dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pemilihan berlangsung. Mari kita ciptakan pemilihan yang aman dan damai.” ujarnya.

Kapolsek Karangpilang menambahkan bahwa patroli ini merupakan bagian dari strategi preventif Kepolisian dalam mengantisipasi potensi kerawanan selama proses pemilihan. 

Pihak Kepolisian juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif, serta melaporkan setiap potensi gangguan keamanan kepada pihak berwajib.(mtr)

Sumber: