Meneladani Makna Hari Pahlawan Bagi Anak.

Meneladani Makna Hari Pahlawan Bagi Anak.

Surabaya, Memorandum.co.id - Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari besar nasional yaitu Hari Pahlawan.

Pahlawan adalah orang yang telah berjuang dan berkorban tanpa pamrih dan tanpa tanda jasa. Kemerdekaan Negara Indonesia dapat diraih berkat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang rela berkorban melawan penjajahan.

Kemerdeaan Indonesia adalah jembatan emas menuju terbentuknya rakyat Indonesia yang hidup dengan adil dan makmur sehingga dibutuhkan pahlawan pembangunan yang dari otak dan tangannya lahir berbagai karya yang dibutuhkan oleh masyarakat banyak.

Kisah perjuangan rakyat Indonesia sebelum dan pasca kemerdekaan muncul dalam buku sejarah pelajaran sekolah mulai dari SD hingga SMA.

Kisah tersebut tidak hanya menunjukkan sejarah negara, melainkan juga mengajarkan keteladanan kepada anak-anak Indonesia, seperti kejujuran, kegigihan, pantang menyerah, dan melakukan kewajiban dan hak.

Seperti mempertahan kan kemerdekaan dengan belajar tekun, meraih prestasi di bidang yang diminati, menolong teman yang sedang kesusahan, ajarkan pula sejak dini mengenai disiplin. Misal masuk sekolah tepat waktu, mengerjakan PR di rumah, mengajari antri membeli makanan, dan lainnya. (Rdh)

Sumber: