Tak Perlu Antre, Mengurus Administrasi Kepesertaan BPJS Kesehatan Langsung dari Mana Saja
Aplikasi administrasi BPJS Kesehatan non tatap muka.--
TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - BPJS Kesehatan telah meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta untuk mengakses layanan administrasi secara non tatap muka tanpa harus datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan. Salah satu aplikasi tersebut adalah Mobile JKN.

Mini Kidi--
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Fitriyah Kusumawati menjelaskan, Mobile JKN dirancang untuk dapat digunakan secara cepat dan bersifat praktis sehingga menghemat waktu peserta.
“Aplikasi Mobile JKN ini memang dirancang untuk mempermudah peserta JKN agar dapat mengakses layanan administrasi kepesertaan secara mandiri. Peserta JKN bisa mengakses layanan administrasi tersebut di mana saja, dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan,“ jelas Fitri, Jumat 15 Agustus 2025.
BACA JUGA:BPJS Kesehatan dan Dinkes Tulungagung Siapkan Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran
Selain aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga mengembangkan beberapa kanal layanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN secara online atau non tatap muka.
Peserta JKN dapat memilih jenis layanan tersebut yang paling mudah dan tidak merepotkan, karena tinggal mengakses melalui gawai pintar yang mereka miliki.
“Tidak hanya Mobile JKN saja, ada beberapa kanal layanan administrasi online yang bisa diakses oleh peserta JKN. Seperti Care Center 165 atau melalui Whatsapp PANDAWA di nomor 08118165165. Selain pengurusan administrasi kepesertaan untuk mendaftar sebagai peserta baru, melalui pelayanan non tatap muka dapat dilakukan perubahan data peserta antara lain perubahan Fasilitas Kesehatan (Faskes), perubahan alamat, perubahan anggota keluarga dan pendaftaran peserta baru,' terangnya.
BACA JUGA:Wow, Tunggakan Iuran Peserta BPJS Kesehatan Tulungagung Capai Rp89,6 M
Menurut Fitri, kanal layanan non tatap muka ini memudahkan masyarakat dengan kondisi geografis maupun keterbatasan jarak dan waktu untuk mengakses layanan tatap muka. Seperti di wilayah kantor cabang Tulungagung, terdapat beberapa daerah yang letaknya jauh dari pusat kota yang membutuhkan waktu tempuh lebih dari satu jam, sehingga membutuhkan waktu dan biaya lebih untuk transportasi ke pusat kota.
“Dengan layanan non tatap muka, masyarakat dapat menghemat biaya karena tidak memerlukan transportasi. Saat ini, jaringan internet juga sudah menjangkau banyak wilayah, sehingga layanan digital melalui gawai pintar tidak menjadi masalah lagi,“ tuturnya.
BACA JUGA:BPJS Kesehatan Tulungagung Ajak Media Sampaikan Manfaat Jadi Peserta JKN
Lebih lanjut Fitri berharap, dengan layanan non tatap muka tidak ada lagi keluhan dari masyarakat yang kesulitan mengakses layanan administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan. Dengan proses yang sederhana ini, diharapkan kesadaran masyarakat untuk mendaftar sebagai peserta JKN semakin meningkat.
Sumber:



