umrah expo

RBP Mabes Polri Pastikan Layanan Polresta Malang Kota Berdampak Positif

RBP Mabes Polri Pastikan Layanan Polresta Malang Kota Berdampak Positif

Tim RBP Mabes Polri ketika kunjungi layanan Polresta Malang Kota.--

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID – Tim Reformasi Birokrasi Polri (RBP) Mabes Polri melakukan kunjungan ke Polresta MALANG Kota Polda Jatim, Rabu 13 Agustus 2025. Kunjungan ini bertujuan untuk asistensi dan verifikasi lapangan terkait scaling up inovasi pelayanan publik serta program Reformasi Birokrasi Polri.

Tim RBP dipimpin oleh Brigjen Pol Drs. Mas Gunarso, yang juga menjabat sebagai Karo RBP Stamarena Polri, didampingi Karo Tikkom Div Tik Polri Brigjen Pol Dr. Indarto, S.H., S.Sos., S.I.K., M.Si.


Mini Kidi--

Kehadiran Tim RBP Mabes Polri di Polresta Malang Kota memastikan inovasi pelayanan publik yang dilakukan dapat berkelanjutan, berdampak positif bagi masyarakat, serta sejalan dengan upaya Polri sebagai institusi profesional, modern, dan dipercaya publik.

Brigjen Pol Mas Gunarso menegaskan, verifikasi lapangan menjadi langkah penting karena semua laporan harus dicek langsung di lokasi.

“Penilaian tidak hanya berdasarkan dokumen. Kami datang ke seluruh wilayah, termasuk Polda Jatim dan salah satunya Polresta Malang Kota, untuk memastikan kinerja rekan-rekan yang sudah luar biasa dan benar-benar melindungi serta melayani masyarakat di tingkat wilayah,” jelasnya.

BACA JUGA:Polresta Malang Kota Raih Penghargaan Ombudsman RI 2024 atas Pelayanan Publik

Ia juga menyoroti peningkatan kecepatan respons laporan masyarakat melalui perangkat komunikasi, namun mengingatkan bahwa yang terpenting adalah respon langsung petugas di lapangan.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Nanang Haryono dalam pemaparannya menjelaskan, pengembangan Aplikasi Jogo Malang Presisi Berbasis WhatsApp telah diluncurkan pada 7 Agustus lalu. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan 9 rumah sakit dan 23 instansi di Kota Malang melalui kerja sama yang dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU).

Aplikasi tersebut menyediakan layanan pengaduan terpadu, informasi umum, dan layanan Presisi Kepolisian.

BACA JUGA:Manjakan Pelayanan, Polresta Malang Kota Tambah 3 Gedung Baru

“Sejak diluncurkan, sudah ada sekitar 2.000 lebih pengguna yang memanfaatkan aplikasi ini dengan mudah,” terang Kombes Nanang.

Usai asistensi di Ballroom Sanika Satyawada, tim melakukan peninjauan ke ruang pelayanan terpadu, MCC, SPKT, dan Pelayanan Publik Polresta Malang Kota untuk melihat langsung implementasi inovasi yang telah dilaporkan.

Sumber: