umrah expo

Launching Pelayanan Peralihan Elektronik, Kepala Kanwil BPN Jawa Timur Akan Terus Tingkatkan Kualitas Data

Launching Pelayanan Peralihan Elektronik, Kepala Kanwil BPN Jawa Timur Akan Terus Tingkatkan Kualitas Data

Pelaksanaan launching pelayanan peralihan elektronik di Kanwil ATR/BPN Jatim --

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Menjawab perkembangan zaman yang terus berkembang, dalam hal ini adalah perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang semakin pesat, Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Timur, Asep Heri, melaunching layanan peralihan secara elektronik di Ruang Reforma, Aula Kanwil BPN Jawa Timur pada Rabu 25 Juni 2025.

Sebanyak 5 Kantor Pertanahan dari Provinsi Jawa Timur yang telah melaksanakan pelayanan peralihan elektronik resmi diimplementasikan pada hari ini. Yaitu Kantah Kota Blitar, Kantah Kota Probolinggo, Kantah Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, dan Kota Madiun.

BACA JUGA:Kanwil BPN Jatim Harap Media Online Kikis Informasi Negatif dan Dorong Digitalisasi Pertanahan


Mini Kidi--

Kakanwil BPN Jatim, Asep Heri, menyampaikan bahwa implementasi ini merupakan sebuah komitmen instansi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Internalisasi bahwa ini merupakan sebuah komitmen pemerintah hadir memberikan layanan yang mudah, tepat, cepat dan akurat, dengan syarat, kualitas data harus ditingkatkan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian ATR/BPN (Pusdatin), I Ketut Gede Ary Sucahya, menginformasikan, pihaknya dan jajaran akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk membantu proses pelayanan pada masing-masing Kantor Pertanahan agar menjadi lebih mudah.

BACA JUGA:Lantik Pejabat Administrator, Kakanwil BPN Jatim Perintahkan Segera Menyesuaikan dengan Ritme Kerja

“Kita telah melalukan beberapa inovasi, beberapa aplikasi atau perangkat, pelan-pelan kami alihkan menjadi open source. Kami mengimbau untuk semua pihak atau petugas agar tidak menggunakan software bajakan,” ujarnya.

Di tempat sama, Ketua Pengurus Wilayah IPPAT Prov Jawa Timur, Sri Wahyu Jatmikowati, menyampaikan terima kasih karena selalu dilibatkan dalam perbaikan pelayanan.

“Kami menghaturkan apresiasi dan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada BPN khususnya Kepala Kantor Wilayah, karena telah memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan kualitas bagi kami rekan-rekan PPAT," ucapnya.

BACA JUGA:Pimpinan Kantah ATR/BPN Kabupaten Tulungagung Ajak Pegawai Utamakan Pelayanan Publik

Dengan beralihnya pelayanan peralihan secara elektronik di lima Kantor Pertanahan, Kakanwil Jatim, Asep Heri berharap nantinya akan ada Kantor Pertanahan Kota/Kabupaten yang juga menyusul untuk implementasi peralihan elektronik ini.

Tujuan dilakukannya pelayanan peralihan elektronik diantaranya adalah membangun aplikasi yang citizen centric life jouney dan penyederhanaan serta integrasi dari aplikasi sebelumnya.

Sumber:

Berita Terkait