Imigrasi Batam Terima Kunjungan Ombudsman RI: Apresiasi Layanan dan Saksikan Peluncuran Program “IM-pressions”
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Hajar Aswad memperkenalkan program Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Riau, Lagat Parroha Patar Siadari beserta rombongan.--
BATAM, MEMORANDUM.CO.ID - Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Hajar Aswad menerima kunjungan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Riau, Lagat Parroha Patar Siadari beserta rombongan, Jumat 14 Februari 2025, yang Bertempat di Pelabuhan Internasional Batam Center.

--
Tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan peninjauan langsung dari Ombudsman terhadap tempat pemeriksaan Imigrasi terbesar di Kota Batam, yaitu Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam Center.
Rombongan Ombudsman mengawali peninjauan dari Terminal Keberangkatan dilanjutkan ke Terminal Kedatangan TPI Batam Center. Rombongan juga meninjau mesin pemeriksaan keimigrasian autogate, baik di terminal keberangkatan maupun di terminal kedatangan.
BACA JUGA:Eddy Gunawan Tambrin, Buronan Kejari Surabaya Ditangkap Tim Gabungan Satgas Siri di Batam
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Riau, Lagatsangat mengapresiasi kinerja Imigrasi Batam.
“Selamat kepada Imigrasi Batam yang telah menerapkan pemeriksaan keimigrasian berbasis teknologi melalui mesin Autogate. Kami sangat mengapresiasi, ini menunjukkan kepada negara lain, bahwa Imigrasi Batam telah menerapkan high technology dalam proses keimigrasian guna memberikan pelayanan prima dan semakin memudahkan masyarakat” ujarnya
Pada kesempatan kunjungan ini, Kepala Kantor Imigrasi Batam memperkenalkan program IM-pression ‘Immigration Presents Love and Compassion in Every Service- Imigrasi Membawa Pesan Kasih dan Kepedulian dalam Setiap Pelayanan’, suatu program yang bertujuan menumbuhkan citra positif kepada masyarakat melalui pemberian ‘Lembar Pembatas Paspor Tematik’ yang didesain khusus untuk disematkan di dalam paspor kepada setiap penumpang yang keluar masuk Tempat Pemeriksaan Imigrasi.
Program IM-pression ini merupakan upaya membangun citra positif Imigrasi Batam sebagai instansi yang ramah dan dekat dengan masyarakat. Hajar Aswad menyatakan bahwa.
"Kami ingin menunjukkan bahwa Imigrasi tidak hanya bertugas mengawasi lalu lintas orang, tetapi juga peduli terhadap hal-hal kecil yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Pembatas buku ini adalah simbol dari komitmen kepedulian kami dan memberikan pengalaman yang lebih berkesan bagi setiap pemegang paspor”, ucap Hajar
Pembatas buku ini bukan sekadar lembaran kertas biasa. Didesain dengan cermat, penuh pertimbangan, menampilkan desain yang menarik, serta memberikan informasi singkat seputar keimigrasian, seperti pentingnya menjaga paspor dan dokumen perjalanan lainnya.
Terdapat pula kutipan-kutipan (quotes) inspiratif dengan Bahasa yang mudah dicerna tentang perjalanan yang diharapkan dapat membangkitkan semangat petualang para pemegang paspor. Khusus untuk tema peluncuran perdana ini, Imigrasi Batam mengambil tema kasih sayang.
BACA JUGA:2024, Capaian Kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Luar Biasa
Sumber:



